Skip to main content

Baru ketemu sesudah nikah dilangsungkan, setelah sah suami-istri

Meriah menurut ukuran waktu itu.

talat dengan segala tradisi negari, berlangsung empat hari.

berjalin benang mas milik Toeanku Lareh (Tuanku Laras) yang lama terlipat.

Saya masih ingat lima buah baju (kancing) asnya warna mas simbol mahkota Ratu Belanda.

Besar pinggang dan panjang kakinya pas pada saya.

Berarti postur a sama dengan saya.

Toeanku Laras dulu adalah kepala wilayah adat yang sangat disegani.

Lembaga ini sejak 1930 dihapus dalam sistem pemerintahan.

Sayang tidak ada foto dokumentasi perkawinan kami.

Wartawan waktu itu langka punya kamera.

Kalau berfoto, harus pergi ke studio rumah foto di kota.

Wartawan waktu itu langka punya kamera

Seraya mengenakan pakaian pengantin, kedua pengantin diarak atau berarak ke sana kemari.

Itu berlangsung tiga hari.

Setelah itu dilakukan acara jalang-manjalang, ke rumah bako, ke rumah mamak kedua pihak, dan kerabat lainnya.

Acara jalang manjalang ini adalah tugas berat bagi pihak pengantin perempuan.

Karena harus membawa jamba, yakni angan nasi disertai lauk-pauk ayam, ren ikan, dadar telor, dan perkedel.

Ditambah penganan lemang, pinyaram, kelamai (dodol), pisang-goreng, dan lain-lain.

MENDAHULUI perkawinan itu, kami tidak pernah pacaran.

Aenal-mengenal cuma lewat beberapa kali surat-menyurat dan kiriman foto.

Cara begitu dapat dikatakan sudah maju.

orang-orang tua kita dulu tak pernah melakukan seperti Sebab itu.

Kalaupun ada, dilakukan secara sembunyi-sembunyi Pasangan dijodohkan orang tua dan mamak-mamak (paman) kedua pihak.

Bisa saja tidak serasi.

Terjadilah kawin paksa.

Risikonya, rumah tangga mudah ambruk, tidak langgeng sebelumnya nyaris tidak pernah bertemu sehingga sempat bertukar pikiran.

 Baru ketemu sesudah nikah dilangsungkan, setelah sah suami-istri

Baru ketemu sesudah nikah dilangsungkan, setelah sah suami-istri.

Rumah tangga mereka 121 Pernikahan Kami, Suka Duka, dan Anak-anak RENCANA PULANG KE PADANG aida kitar delapan bulan.

Dua bulan sebelum melahirkan mengandung anak pertama setelah kami menikah , saya bujuk-bujuk pulang ke Padang, saat gemuruhnya gejolak pra pemberontakan PRRI.

RRI (Radio Republik Indonesia) Padan yang dikuasai pemberontak, tiap hari melakukan agitasi untuk membangkitkan semangat rakyat.

Ada seloroh: Kalau tak mau g, kelak harus pakai paspor karena Sumatra mau menjadi ara sendiri, melepaskan diri dari Negara Kesatuan RI.

Ada pergolakan daerah menjurus gerakan separatis walau hakiki mulanya tindakan koreksi terhadap Pemerintah Pusat.

Menuntut pulihnya Dwitunggal Soekarno-Hatta, per imbangan keuangan dan pembangunan tidak terkonsentrasi di ulan neg pernyataan Jawa Lama saya berpikir Akhirnya, terpengaruh.

Lebih-lebih karena sudah banyak pemimpin elite kumpul di Padang, antara lain Natsir, Sjafruddin, Soemitro, Kolonel Zulkifli Loebis dan lain-lain.

Popular posts from this blog

Catering Jogja Murah : Cara Memberikan Makanan sebagai Hadiah Yang Berikan

Catering Jogja Murah : Cara Memberikan Makanan sebagai Hadiah Yang Berikan KETIKA penulis muda yang bercita-cita tinggi bertanya bagaimana saya belajar perdagangan - Apakah sekolah kuliner adalah langkah pertama? Gelar jurnalisme? Magang di dapur bintang tiga di Prancis? - Saya menguatkan diri untuk mengecewakan mereka. Saya tidak melakukan hal-hal itu (sangat praktis dan mengagumkan). "Masalahnya adalah," aku memulai, "aku dinamai Julia Child." Anak dilahirkan 100 tahun yang lalu Rabu, dan tanpa dia, ungkapan "calon penulis makanan" mungkin tidak akan pernah diucapkan di Amerika Serikat. Diberi nama untuknya tentu saja merupakan dorongan ke arah makanan, tetapi saya tidak tumbuh dengan sesendok coklat mousse cokelat di mulut saya. Saya hanya melihat orang tua saya membuat makan malam (kadang-kadang daging sapi bourguignon, lebih sering burger) dan menyerap gagasan mereka bahwa makanan itu menarik dan menghibur, bukan hanya bahan bakar. Ini tidak t

Aqiqah Bandung murah : Bagaimana Caranya Membuat Pancake

Bagaimana Caranya Membuat Pancake Melalui semua mode sarapan, pancake berdiri teguh, hidangan sarapan yang pasti, sesuatu yang hampir semua orang suka dan kita semua harus menguasainya. Mereka adalah pahlawan sarapan yang asyik: bertelur, asin dan hanya sisi manis ini. Mungkin ada pergulatan dengan pantat yang terbakar dan interior mentah di masa lalu Anda, tetapi dengan adonan yang dibuat dengan baik dan beberapa latihan dengan kompor Anda, Anda dapat mencapai kesempurnaan panekuk. Sebelum kamu memulai     Anda mungkin membuat pancake untuk lebih dari satu orang. Untuk menyajikannya dengan hangat sekaligus, panaskan oven Anda hingga 325 derajat, dan simpan pancake di sana di atas nampan roti berlapis rak sampai semua pancake dibuat.     Sangat membantu untuk menyiapkan semua bahan Anda sebelum mulai memasak. Ini berarti bahan kering diukur, buttermilk dituangkan dan mentega didinginkan dan dilelehkan.     Wajan adalah permukaan terbaik untuk membuat pancake, tetapi jika Anda tidak mem

Catering : Rahasia Membuat Tortilla yang gurih dan krispy

Rahasia Membuat Tortilla yang gurih dan krispy Jika Anda tertarik pada proyek yang serius, Anda dapat membuat tortilla terbaik yang pernah Anda miliki dengan merendam dan mencuci bubur jagung kering - jagung yang telah diperlakukan dengan jeruk nipis - lalu menggilingnya untuk menghasilkan masa, atau "adonan." Anda menekan cakram kecil dan wajan. Lakukan itu, dan Anda akan kagum. Atau Anda dapat melakukan apa yang dilakukan banyak orang: Mulailah dengan masa harina, atau “tepung tepung,” yang Anda campur dengan air dan sedikit lemak. Adonan membutuhkan waktu lima menit untuk membuatnya (ini lebih baik, tetapi tidak penting, untuk membiarkannya untuk sementara waktu), dan pengepresan dan kisi-kisi sederhana dan menyenangkan. Jika Anda membeli tortilla press yang praktis, Anda dapat melewati penggulungan atau menekan tangan, tetapi Anda tidak membutuhkannya. (Anda juga dapat membeli masa yang baru dibuat, dijual di banyak supermarket Latino, yang juga akan menyelamatkan And